Rabu, 15 Mei 2013

METODE KERJA KONSTRUKSI


METODE KERJA KONSTRUKSI

Metode Konstruksi Pondasi Setempat
Metode konstruksi untuk pekerjaan pondasi setempat yaitu:
1.     Penggalian tanah pondasi
2.     Penulangan pondasi
3.     Pekerjaan bekisting
4.     Pengecoran
1. Pekerjaan Galian Tanah Pondasi
·         Tahap-tahap pekerjaan galian tanah pondasi setempat yaitu: Penggalian tanah untuk pondasi setempat dilakukan secara hati-hati serta harus mengetahui ukuran panjang, lebar dan kedalaman pondasi.
·         Tebing dinding galian tanah pondasi dibuat dengan perbandingan 5:1 untuk jenis tanah yang kurang baik dan untuk jenis tanah yang stabil dapat dibuat dengan perbandingan 1:10 atau dapat juga dibuat tegak lurus permukaan tanah tempat meletakkan pondasi.
·         Dalamnya suatu galian tanah ditentukan oleh kedalamnya tanah padat/tanah keras dengan daya dukung yang cukup kuat, min 0.5 kg/cm2
·         Bila tanah dasar masih jelek, dengan daya dukung yang kurang dari 0.5 kg/cm2, maka galian tanah harus diteruskan, sampai mencapai kedalaman tanah yang cukup kuat, dengan daya dukung lebih dari 0.5 kg/cm2.
·         Lebar dasar galian tanah pondasi hendaknya dibuat lebih lebar dari ukuran pondasi agar tukang lebih leluasa bekerjanya.
·         Semua galian tanah harus ditempatkan diluar dan agak jauh dari pekerjaan penggalian agar tidak mengganggu pekerjaan.
2. Pekerjaan Penulangan
a) Perakitan tulangan
Untuk pondasi setempat ini perakitan tulangan dilakukan di luar tempat pengecoran di lokasi proyek agar setelah dirakit dapat langsung dipasang dan proses pembuatan pondasi dapat berjalan lebih cepat.
Cara Perakitan Tulangan :
·         Mengukur panjang untuk masing-masing tipe tulangan yang dapat diketahui dari ukuran pondasi setempat.
·         Mendesign bentuk atau dimensi dari tulangan pondasi setempat, dengan memperhitungkan bentuk-bentuk tipe tulangan yang ada pada pondasi setempat tersebut.
·         Merakit satu per satu bentuk dari tipe tulangan pondasi dengan kawat pengikat agar kokoh dan tulangan tidak terlepas.
b) Pemasangan Tulangan
Setelah merakit tulangan pondasi setempat maka untuk pemasangan tulangan dilakukan dengan cara manual karena tulangan untuk pondasi setempat ini tidak terlalu berat dan kedalaman pondasi ini juga tidak terlalu dalam.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan tulangan:
·         Hasil rakitan tulangan dimasukan kedalam tanah galian dan diletakkan tegak turus permukaan tanah dengan bantuan waterpass.
·         Rakitan tulangan ditempatkan tidak langsung bersentuhan dengan dasar tanah, jarak antara tulangan dengan dasar tanah 40 mm, yaitu dengan menggunakan pengganjal yang di buat dari batu kali disetiap ujung sisi/tepi tulangan bawah agar ada jarak antara tulangan dan permukaan dasar tanah untuk melindungi/melapisi tulangan dengan beton (selimut beton) dan tulangan tidak menjadi karat.
·         Setelah dipastikan rakitan tulangan benar-benar stabil, maka dapat langsung melakukan pengecoran.
3. Pekerjaan Bekisting
Bekisting adalah suatu konstruksi bantu yang bersifat sementara yang digunakan untuk mencetak beton yang akan di cor, di dalamnya atau diatasnya.
Tahap-tahap pekerjaan bekisting:
·         Diasumsikan yang akan dibuat bekisting adalah bagian tiangnya untuk penyambungan kolom sedangkan untuk pondasinya hanya diratakan dengan cetok (sendok spesi).
·         Supaya balok beton yang dihasilkan tidak melengkung maka waktu membuat bekisting, jarak sumbu tumpuan bekistingnya harus memenuhi persaratan tertentu.
·         Papan cetakan disusun secara rapih berdasarkan bentuk beton yang akan di cor.
·         Papan cetakan dibentuk dengan baik dan ditunjang dengan tiang agar tegak lurus tidak miring dengan bantuan alat waterpass.
·         Papan cetakan tidak boleh bocor
·         Papan-papan disambung dengan klem / penguat / penjepit
·         Paku diantara papan secara berselang-seling dan tidak segaris agar tidak terjadi retak.
4. Pekerjaan Pengecoran
Bahan-bahan pokok dalam pembuatan beton adalah: semen, pasir, kerikil/split serta air. Kualitas/mutu beton tergantung dari kualitas bahan-bahan pembuat beton dan perbandingannya. Bahan-bahan harus diperiksa dulu sebelum dipakai membuat beton dengan maksud menguji apakah syarat-syarat mutu dipenuhi. Semen merupakan bahan pokok terpenting dalam pembuatan beton karena mempersatukan butir-butir pasir dan kerikil/split menjadi satu kesatuan berarti semen merupakan bahan pengikat dan apabila diberi air akan mengeras. Agregat adalah butiran-butiran batuan yang dibagi menjadi bagian pokok ditinjau dari ukurannya yaitu agregat halus yang disebut pasir dan agregat kasar yang disebut kerikil/split dan batu pecah.
Tahap-tahap pekerjan pengecoran pondasi setempat yaitu:
·         Membuat kotak takaran untuk perbandingan material yaitu dari kayu dan juga dapat mempergunakan ember sebagai ukuran perbandingan.
·         Membuat wadah/tempat (kotak spesi) hasil pengecoran yang dibuat dari kayu atau seng/pelat dengan ukuran tinggi x lebar x panjang adalah 22 cm x 100 cm x 160 cm dapat juga dibuat dari pelat baja dengan ukuran tebal 3 mm x 60 cm x 100 cm.
·         Mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk pengecoran seperti: semen, pasir, split, serta air dan juga peralatan yang akan digunakan untuk pengecoran.
·         Membuat adukan/pasta dengan bantuan mollen (mixer) dengan perbandingan volume 1:2:3 yaitu 1 volume semen berbanding 2 volume pasir berbanding          3 volune split serta air secukupnya.
·         Bahan-bahan adukan dimasukan kedalam tabung dengan urutan:
Pertama; masukan pasir, kedua; semen portand, ketiga; split dan biarkan tercampur kering dahulu dan baru kemudian ditambahkan air secukupnya
·         Setelah adukan benar-benar tercampur sempurna kurang lebih selama 4-10 menit tabung mollen (mixer) dibalikan dan tungkan kedalam kotak spesi.
·         Hasil dari pengecoran dimasukkan/dituangkan kedalam lubang galian tanah yang sudah diletakan tulangan dengan bantuan alat sendok spesi centong/ dan dilakukan/dikerjakan bertahap sedikit demi sedikit agar tidak ada ruangan yang kosong dan kerikil/split yang berukuran kecil sampai yang besar dapat masuk kecelah-celah tulangan.
Setelah melakukan pengecoran, maka pondasi setempat tersebut dibiarkan mengering dan setelah mengering pondasi diurug dengan tanah urugan serta disisakan beberapa cm untuk sambungan kolom.
5. Tahap pelaksanaan dan pengendalian pekerjaan pengecoran
·         Pekerjaan Persiapan
Pekerjaan persiapan dilakukan dengan mempersiapkan bahan-bahan material yang akan digunakan untuk pengecoran dan ditempatkan di daerah yang tidak terlau jauh dengan tempat galian pondasi/tempat yang akan dicor
·         Cara Pengadukan
Karena didalam pengecoran ini diasumsikan memakai mollen/mixer, maka pengadukan bahan material dimasukan kedalam sebuah tabung mollen/mixer dengan urutan: pertama memasukan pasir, kedua memasukan kerikil/split, ketiga memasukan semen dan biarkan tercampur kering dahulu sesuai dengan perbandingan volume.
·         Cara Pengecoran
Setelah bahan material sudah tercampur dalam keadaan kering kemudian tambahkan air secukupnya sampai merata, maka material tersebut berubah dalam bentuk pasta, setelah menjadi pasta tuangkan sedikit demi sedikit kedalam galian pondasi yang sudah diletakan tulangan dan setelah pasta masuk kedalam galian pondasi pasta tersebut yang diratakan dengan sendok spesi/cetok sesuai dengan kemiringan dari bentuk pondasi
·         Cara Pelaksanaan
Setelah semua material bahan pengecoran benar-benar tercampur seluruhnya mulai dari pasir, kerikil/split serta semen dan air sebagai bahan pengikat, maka cara pelaksanaan pengecoran pondasi setempat dituangkan kedalam galian pondasi dengan cara bertahap sedikit demi sedikit dengan bantuan sendok spesi/cetok agar semua material bahan pengecoran dapat masuk ketempat pengecoran yang sudah diletakkan tulangan dan tidak ada celah yang kosong dan lebih padat.































Pekerjaan Pemasangan Bouwplank
Pemasangan Bouwplank
Bouwplank (papan bangunan) berfungsi untuk mendapatkan titik-titik bangunan yang diperlukan sesuai dengan hasil pengukuran :
Syarat-syarat memasang bouwplank :
1.     Kedudukannya harus kuat dan tidak mudah goyah.
2.     Berjarak cukup dari rencana galian, diusahakan bouwplank tidak goyang akibat pelaksanaan galian
3.     Terdapat titik atau dibuat tanda-tanda.
4.     Sisi atas bouwplank harus terletak satu bidang (horizontal) dengan papan bouwplank lainnya.
5.     Letak kedudukan bouwplank harus seragam (menghadap kedalam bangunan semua).
6.     Garis benang bouwplank merupakan as (garis tengah) daripada pondasi dan dinding batu bata.








Bentuk hasil pemasangan bouwplank dapat dilihat pada gambar berikut :
Pemasangan Bouwplank

Posisi Bouwplank Terhadap Pondasi Dan Dinding Bata
Pembuatan adukan beton secara manual
Mengaduk beton secara adukan tangan Campuran beton secara pekerjaan tangan, tidak boleh dicampur lebih dari 0,25 m3 sekaligus. Pasir, kerikil dan semen diaduk dalam keadaan kering di atas lantai yang bersih, paling sedikit tiga kali seperti terlihat pada gambar berikut.

Semen dituang di atas pasir lalu diaduk

Sesudah itu dibentuk sebuah kolam di tengah campuran komponen yang masih kering dan diisi air menurut tabel yang tercantum diatas.
Perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak air mengurangi mutu dan ketahanan beton. Kemudian pencampuran dimulai pada bagian pinggiran  yang kering dengan air di kolam pada pertengahan sampai semua air tercampur dalam campuran komponen. Sekarang beton dicampur paling sedikit tiga kali lagi sampai adukan menjadi homogen.
Cara mencampur komponen kering dengan komponen basah beton Kualitas campuran adukan beton ini mempengaruhi kualitas beton selanjutnya.
Mengaduk beton menggunakan mesin molen
Pada mesin pengaduk beton pengisian komponen beton kering dan penuangan dilakukan dengan mengubah keringan tabung pengaduk beton. Jika tabung berdiri tegak, maka pencampuran beton tidak dijalankan, karena itu tabung pengaduk beton selalu berputar dalam keadaan miring. Cara mesin pengaduk beton sederhana sekali (karena diciptakan sebagai alat pengaduk beton) dan sangat umum, terutama sebagai mesin pengaduk beton yang agak kecil.

Mesin Aduk Beton
Pencampuran

Pemasangan Bekisting
Manfaat : Sebagai konstruksi pembantu/cetakan dalam pembuatan beton sesuai dengan ukuran yang diharapkan.
Bahan Bekisting :
·         Papan kayu tebal min 2,5 cm, kayu harus kering dan kuat
·         Paku
·         Kertas semen atau plastic untuk mencegah agar beton tidak menempel pada bekisting sehingga bekisting mudah dilepas.
·         Kaso-kaso
Pengontrolan terhadap bekisting
·         Kedudukan bekisting harus kukuh dan kuat
·         Periksa posisi tegak dan kerataan dari bekisting yang terpasang
·         Periksa ketepatan posisi bekisting terhadap as bangunan (benang bouwplank)
·         Periksa skur-skur dan klem-klem pada bekisting
·         Tidak diperbolehkan adanya lubang sehingga menimbulkan kebocoran
·         Cek apakah bekisting sudah dilapisi oleh kantong semen/plastic atau belum
·         Bersihkan bekisting dari kotoran seperti daun, tanah dll

Bekisting Sloof

Bentuk-bentuk Bekisting Kolom
Plesteran Dinding
Membuat plester adalah melapisi pasangan batu bata, baik bagi pasangan batu kali maupun batu cetak agar permukaan tidak mudah rusak, rapi dan bersih.
Tahapan pelaksanaan plesteran dinding :
a.     Dinding yang akan diplester dibasahi terlebih dahulu
b.     Membuat adukan untuk plesteran seperti adukan untuk batu bata
c.     Membuat kepala plesteran di beberapa tempat dengan jarak 1 – 1,5 m antara satu dengan yang lainnya dan diratakan memakai batang (bilah) perata.
d.     Kemudian permukaan dinding di antara kepala plesteran diplester secara merata dan diratakan memakai bilah perata.
Plesteran Dinding



Pemasangan Kusen Pintu dan Jendela (Untuk Pekerjaan  Bangunan Tempat Tinggal)
Kusen pintu dipasang pada pasangan tembok. Kusen pintu dipasang sebelum dibuat tembok,tetapi setelah profil-profil dipasang.
Syarat-syarat untuk kusen pintu sebelum dipasang ;
1.     Disetel dengan baik dan tidak terpuntir
2.     Diberi batang penguat sudut pada kedua sudut atas dan batang penguat datar yang menghubungkan kedua kakinya agar sudut atas tidak berubah.
3.     Sudah diketam halus
4.     Sudah dilengkapi dengan angkur baja dan sepatu baja serta papan
5.     Sebaiknya sudah dicat dengan meni kayu
Syarat-syarat pemasangan kusen :
1.     Dipasang pada tempat yang telah ditentukan sesuai dengan gambar rencana
2.     Dipasang tegak/vertical
3.     Tidak boleh tertukar bagian luar dan bagian dalam kusen pintu sehingga membukanya daun-daun pintu akan terbalik
4.     Dipasang terjepit kukuh pada pasangan tembok.
Pemasangan Kusen Pintu

1 komentar:

  1. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus

Rumah Gaya Minimalis Modern

Rumah Gaya Minimalis Modern
Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

DESAIN DAN KONTRAKTOR BANGUNAN CINERE - DEPOK

JASA PERENCANAAN / GAMBAR BANGUNAN

Kami Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Desain Perencanaan dan Pelaksanaan Pekerjaan Struktur Arsitektur, (Pembangunan Ruman & Renovasi), Interior & Furniture,

Jangan sia-siakan impian anda untuk mewujudkan rumah idaman bersama alam persada teknik, jangan paksakan rumah impian anda dengan membangun tanpa perencanaan yang tepat sehingga memberikan hasil yang proporsional dan efisien dengan tetap mutu terbaik.

Percayakan impian mewujudkan rumah anda kepada kami

Kami persembahkan untuk hunian yang nyaman, asri, selaras dan fungsional.

PAKET LUAS 1M2 – 50M2

Harga desain Rp. 3.500.000 dengan produk gambar sbb :

Gambar kerja : Gambar Perspektif 3 Dimensi, Gambar Situasi, Denah, Tampak, Potongan, Rencana Pondasi, Rencana Atap, Rencana Plafond, Rencana Pola lantai, Rencana Pintu dan Jendela, Gambar ME (Listrik), Rencana Sanitasi, Detail Tangga, detail KM/WC, Detail Fasad, Serta Detail Penunjang lainnya.RAB (Rancangan Anggaran Biaya)

PAKET LUAS 51M2 – 100M2

Harga desain Rp. 5.000.000 dengan produk gambar sbb :

Gambar kerja : Gambar Perspektif 3 Dimensi, Gambar Situasi, Denah, Tampak, Potongan, Rencana Pondasi, Rencana Atap, Rencana Plafond, Rencana Pola lantai, Rencana Pintu dan Jendela, Gambar ME (Listrik), Rencana Sanitasi, Detail Tangga, detail KM/WC, Detail Fasad, Serta Detail Penunjang lainnya.RAB (Rancangan Anggaran Biaya)

PAKET LUAS 101M2 – 150M2

Harga desain Rp. 7.500.000 dengan produk gambar sbb :

Gambar kerja : Gambar Perspektif 3 Dimensi, Gambar Situasi, Denah, Tampak, Potongan, Rencana Pondasi, Rencana Atap, Rencana Plafond, Rencana Pola lantai, Rencana Pintu dan Jendela, Gambar ME (Listrik), Rencana Sanitasi, Detail Tangga, detail KM/WC, Detail Fasad, Serta Detail Penunjang lainnya.

RAB (Rancangan Anggaran Biaya)

PAKET LUAS 151M2 – 200M2

Harga desain Rp. 9.000.000 dengan produk gambar sbb :

Gambar kerja : Gambar Perspektif 3 Dimensi, Gambar Situasi, Denah, Tampak, Potongan, Rencana Pondasi, Rencana Atap, Rencana Plafond, Rencana Pola lantai, Rencana Pintu dan Jendela, Gambar ME (Listrik), Rencana Sanitasi, Detail Tangga, detail KM/WC, Detail Fasad, Serta Detail Penunjang lainnya. RAB (Rancangan Anggaran Biaya)

PAKET LUAS 201M2 – 250M2

Harga desain Rp. 11.000.000 dengan produk gambar sbb :

Gambar kerja : Gambar Perspektif 3 Dimensi, Gambar Situasi, Denah, Tampak, Potongan, Rencana Pondasi, Rencana Atap, Rencana Plafond, Rencana Pola lantai, Rencana Pintu dan Jendela, Gambar ME (Listrik), Rencana Sanitasi, Detail Tangga, detail KM/WC, Detail Fasad, Serta Detail Penunjang lainnya. RAB (Rancangan Anggaran Biaya)

PAKET LUAS 251M2 – 300M2

Harga desain Rp. 14.000.000 dengan produk gambar sbb :

Gambar kerja : Gambar Perspektif 3 Dimensi, Gambar Situasi, Denah, Tampak, Potongan, Rencana Pondasi, Rencana Atap, Rencana Plafond, Rencana Pola lantai, Rencana Pintu dan Jendela, Gambar ME (Listrik), Rencana Sanitasi, Detail Tangga, detail KM/WC, Detail Fasad, Serta Detail Penunjang lainnya. RAB (Rancangan Anggaran Biaya)

PAKET LUAS 301M2 – 400M2

Harga desain Rp. 16.500.000 dengan produk gambar sbb :

Gambar kerja : Gambar Perspektif 3 Dimensi, Gambar Situasi, Denah, Tampak, Potongan, Rencana Pondasi, Rencana Atap, Rencana Plafond, Rencana Pola lantai, Rencana Pintu dan Jendela, Gambar ME (Listrik), Rencana Sanitasi, Detail Tangga, detail KM/WC, Detail Fasad, Serta Detail Penunjang lainnya. RAB (Rancangan Anggaran Biaya)

PAKET LUAS 401M2 KEATAS

Harga desain NEGO dengan produk gambar sbb :

Gambar kerja : Gambar Perspektif 3 Dimensi, Gambar Situasi, Denah, Tampak, Potongan, Rencana Pondasi, Rencana Atap, Rencana Plafond, Rencana Pola lantai, Rencana Pintu dan Jendela, Gambar ME (Listrik), Rencana Sanitasi, Detail Tangga, detail KM/WC, Detail Fasad, Serta Detail Penunjang lainnya. RAB (Rancangan Anggaran Biaya)

JASA PELAKSANAAN

v Cara Cost n Fee

Jasa pelaksanaan dibayar 10% dari nilai total belanja matrial dan upah tukang

v Cara Borong

Kami akan mengajukan penawaran harga dengan penjelasan spesifikasi matrial.

JASA DESIGN / GAMBAR PERENCANAAN GRATIS, jika PELAKSANAAN bangunan di laksanakan dengan cara borong

Hubungi Kami :

Roy Saputra, ST

Jl. Raya Grogol Seberang, Limo- Grogol, Depok.

Dekat Masjid Kubah Mas Meruyung Limo

Telp : 0812 9159 5358 / 0857 1917 3036

wa : 0815 1726 5971


Email: roy.bkrt@gmail.com

albianpools@gmail.com


blogsite :

www.albianpools.blogspot.co.id

www.albianpools.wordpress.com


Desain Kontraktor Bergaransi Cinere Depok

Jasa Kontraktor dan Konsultan Pembangunan


Ilustrasi jasa kontraktor

Pembangunan yang semakin marak di tanah air membutuhkan banyak jasa termasuk jasa kontraktor yang berperan dalam membangun proyek-proyek yang dibutuhkan dalam meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Pengertian Jasa Kontraktor

Jasa kontraktor adalah jasa di bidang konstruksi yang merupakan suatu kegiatan dalam membangun berbagai sarana dan prasarana yang berhubungan dengan pembangunan gedung, pembangunan prasarana sipil, instalasi mekanikal, dan instalasi elektrikal.

Bidang konstruksi ini merupakan suatu kegiatan yang terdiri atas beberapa kegiatan atau pekerjaan lain yang dirangkai menjadi satu unit bangunan sehingga dalam bidang ini, dikenal istilah klasifikasi atau subbidang.

Kegiatan yang dilakukan oleh jasa kontraktor adalah meliputi beberapa hal yang pada akhirnya menjadikan satu kesatuan dalam tujuan pembangunan yang sama. Kegiatan pertama yang dilakukan dalam bidang ini adalah perencanaan.

Perencanaan merupakan seuatu kegiatan yang dilakukan oleh konsultan perencana atau biasa disebut sebagai team leader, lalu rencana tersebut dilaksanakan oleh kontraktor kontruksi yang memanajeri proyek tersebut. Para pelaku perencana ini bekerja di dalam kantor dan pelaksanaan dilakukan di lapangan oleh mandor proyek.

Mandor proyek tersebut bertugas untuk mengawasi buruh bangunan, tukang bangunan, ahli bangunan, dan semua yang bekerja di bidang praktik perencanaan agar dapat menyelesaikan proyek bangunan sesuai dengan perencanaan. Namun, perintah tersebut dilakukan oleh pelaksana lapangan yang juga diawasi oleh konsultan pengawas.

Berbagai Praktik dalam Jasa Konstruksi

Selain perencanaan umum yang dilaksanakan oleh konsultan perencana, ada juga yang disbeut dengan perencanaan terpadu, yakni berbagai perencanaan yang berhubungan dengan metode penentuan besar kecilnya biaya yang diperlukan, rancangan bangunan, dan dampak lainnya saat kegiatan konstruksi dilaksanakan.

Perencanaan tersebut jika dilakukan dengan baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Artinya, sukses atau tidaknya kegiatan konstruksi ditentukan oleh perencanaan yang baik pula. Keamanan lingkungan, ketersediaan material, logistik, kondisi publik, dan hal lain yang berhubungan dengan kegiatan konstruksi harus dipersiapkan dengan baik.

Dengan demikian, jasa kontraktor yang bekerja sama di dalam bidang konstruksi banguan diperlukan dalam upaya menghasilkan bangunan sarana dan prasarana yang sesuai dengan konsep serta perencanaan yang telah berlangsung.

Beragam Bentuk Fisik Jasa Kontraktor dalam Bidang Konstruksi

Pengusaha jasa konstruksi tentu menyediakan pelayanan dalam bidang perencana, pelaksana, dan pengawas. Artinya, jasa konstruksi merupakan salah satu usaha di bidang sektor ekonomi yang berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dalam usaha membentuk suatu bangunan fisik yang nantinya akan dimanfaatkan secara umum oleh masyarakat.

Bentuk fisik yang dimaksud adalah bangunan yang melekat pada tanah berupa gedung, rumah, jalan, jembatan, bendungan, dan bentuk konstruksi lainnya yang berpindah-pindah. Namun, ada juga bentuk fisik lain yang berupa dokumen yang digunakan untuk membangun konstruksi.

Kerjasama

Jasa kontraktor tak bisa berdiri sendiri. Sebelum sebuah proyek dikerjakan, jasa kontraktor harus berhubungan dengan jasa konsultan yang akan membuatkan RAB (rancangan Anggaran Biaya) dari material yang kecil hingga yang besar dihitung berdasarkan gambar.

Jasa kontraktor merupakan jasa pembangunan bagi bangunan sipil dan bangunan mekanikal. Cara kerja jasa kontraktor biasanya berdasarkan apa yang sudah dibuat oleh jasa konsultan. Misalnya, membangun rumah tipe 36. Dari gambar rumah tipe 36 tersebut, jasa konsultan akan menghitung semua biaya dari yang sangat kecil hingga yang terbesar

Contohnya, pemasangan bowplang yang merupakan jarak antara galian pondasi. Sper ke bowplang 50 cm – 1 meter, alat yang dibutuhkan dan material yang diperlukan sudah harus dihitung oleh jasa konsultan. Jadi intinya, jasa konsultan memberikan perhitungan harga dari awal sampai finishing.

Beda Jasa Kontraktor dan Jasa Konsultan

Setelah Jasa konstruktor mendapatkan data dari jasa konsultan barulah jasa kontraktor bisa mengajukan penawaran ke konsumen. Konsultan menentukan spesifikasi dan menyarankan apa yang harus dilakukan oleh jasa konstruktor.

Kedua jenis jasa ini tak bisa digabung karena wilayah kerjanya berbeda. Jasa konsultan tidak perlu kantor terlalu besar, karyawan tidak terlalu banyak tapi benar-benar skillfull. Biasanya para insinyur yang sangat ahli di bidangnya terutama gambar. Jasa konstruktor menyangkut juga jasa konstruksi civil dan mechanical.

Pekerja pada Jasa Kontraktor

Jasa kontraktor membutuhkan banyak tenaga kerja. Siapa saja yang bisa kerja di jasa konstruktor. Untuk bangunan sipil, jasa kontraktor membutuhkan pekerja, seperti, tukang cat, tukang batu, tukang kayu, tukang besi, tukang listrik. Untuk bangunan mechanical, jasa kontraktor membutuhkan tukang las, tukang besi.

Kebutuhan Tender

Untuk mendapatkan sebuah tender, sebuah jasa kontraktor perlu mengajukan spek (spesifikasi) yang mencakupi seluruh bangunan yang akan dibuat. Bentuk, material, kualitas serta gambar kerja yang ditandatangani, diperiksa, dan diketahui oleh konsultan.

Perusahaan jasa kontraktor juga harus membuat daftar tenaga kerja dengan mencantumkan berapa tamatan STM, tamatan S1, D3, SMA. Berapa orang untuk menempati pos-pos yang telah ditentukan. Pos-pos teknik sipil posisinya sebagai pengawas umum, D3 menempati site manager mengawasi satu pronyek

Site manger ini harus tahu kapan proyek mulai dikerjakan, progresnya berapa persen pada minggu pertama, minggu berikutnya sampai finish. Progres dicantumkan dalam bentuk persen. Lulusan SMA dan STM biasanya sebagai pekerja kasar, misalnya, jasa angkut atau tukang.

Ada yang menarik yang harus dicermati dalam proses tender ini, yaitu adanya jual beli legalisir ijazah para tamatan Fakultas Teknik dari universitas terkenal. Harga selembar ijazah bekisar pada harga Rp500.000 – Rp1.000.000. Padahal sang pemilik ijazah hanya membayar Rp10.000 untuk melegalisir ijazahnya.

Tips Memilih Jasa Kontraktor

Memilih jasa kontraktor tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena hal ini menyangkut kenyamanan masyarakat umum yang menggunakan bangunan fisik yang dihasilkan dari jasa tersebut.

Anda harus memilih jasa di bidang konstruksi secara profesional, yakni jasa kontraktor yang sudah sering melaksanakan pembangunan untuk sarana dan prasarana umum yang sudah benar-benar dikenal di bidang tersebut.

Kalaupun harganya cukup mahal, namun Anda tidak perlu sanksi terhadap hal tersebut asalkan jasa konstruksi tersebut sudah dikenal bergerak dengan baik dan bisa menghasilkan konstruksi fisik yang sesuai dengan perencanaan.

Jangan sekali sekali tergiur oleh penawaran harga yang murah karena hal itu bisa menjadi suatu hal yang patut untuk dipertimbangkan secara kualitas. Kualitas bangunan bisa dijadikan sasaran empuk bagi mereka yang memilih untuk menurunkan penawaran harga pelayanan jasa. Jadi, pilihlah jasa profesional dengan harga yang cukup mahal daripada harus memilih jasa konstruksi dengan harga murah namun berkualitas rendah.

Dari beberapa kasus yang tercatat di departemen pekerjaan umum, disebutkan bahwa banyak orang atau perusahaan yang lebih memilih jasa konstruksi dengan harga yang murah namun berkualitas rendah dibandingkan dengan jasa konstruksi yang berharga mahal dan berkualitas handal.

Jasa kontraktor yang baik juga bisa dilihat berdasarkat sertifikat yang sudah dimilikinya sebab hal tersebut sesuai dengan undang-undang tentang jasa konstruksi yang menyebutkan bahwa jasa konstruksi harus memiliki sertifikat dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi untuk menentukan kualitas tenaga ahli yang bekerja di perusahaan jasa tersebut,peralatan yang dipergunakan dalam pelaksanaan pembangunan, modal yang dimiliki perusahaan tersebut, serta pengalaman dalam bidang bangunan.

Usaha jasa konstruksi yang sampai saat ini tercatat dalam Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi adalah sekitar 98 ribu perusahaan, dengan 6000 usaha jasa konsultan, 22 ribu tenaga ahli, dan ribuan tenaga ahli di bidang konstruksi yang semuanya telah memiliki sertifikat.

Oleh karena itu, konsumen harus menanyakan sertifikat terlebih dahulu untuk mengetahui apakah perusahaan di bidang konstruksi tersebut bersifat profesional atau tidak.

Selain itu, konsumen juga bisa mengajukan berbagai tuntutan kompensasi apabila pembangunan yang dilaksanakan tidak sesuai dengan kontrak kerjasama yang telah disepakati sebelumnya dengan pihak kontraktor.

Selain meminta ditunjukkan sertifikat,konsumen juga perlu menanyakan berbagai hal mengenai jadwal pembangunan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proyek pembangunan tersebut, bagaimana pengamanannya, bahan bangunan yang digunakan, jumlah tenaga yang dibutuhkan untuk proyek pembangunan, dan hal lain sebelum menentukan kesepakatan.

Beberapa jenis usaha yang mencakup kegiatan usaha konstruksi adalah sebagai berikut.

1. Perencana konstruksi, yakni pemberi layanan jasa perencanaan yang meliputi rangkaian kegiatan dan semua bagian kegiatan mulai dari studi pengembangan sampai dengan penyusunan dokumen kontrak kerja konstruksi. Perencana konstruksi juga sering disebut Konsultan Perencana.

2. Pelaksana konstruksi, yakni pemberi layanan jasa pelaksanaan dalam rangkaian kegiatan konstruksi yang meliputi rangkaian kegiatan atau bagian-bagian dari kegiatan mulai dari penyiapan lapangan sampai penyerahan akhir hasil pekerjaan konstruksi. Pelaksana konstruksi ini disebut Kontraktor Konstruksi.

3. Pengawas konstruksi, yakni pemberi layanan jasa pengawasan, baik sebagian atau keseluruhan pekerjaan pelaksanaan konstruksi mulai dari penyiapan lapangan sampai dengan penyerahan akhir konstruksi. Pengawas konstruksi biasa disebut Konsultan Pengawas.

Untuk Itu alam prrsada tekmok, memberikan Jasa Consultasi dan Pelaksanaan untuk Proyek Pembangunan Gedung, Rumah, pabrik, Jalan dan Pekerjaan Struktur Arsetektur, ME lainnya.

Alam Persada Teknik

Roy saputra

Email : roy.bkrt@gmail.com

Contact Person : Roy

wa : 0815 1726 5971

Call : 0812 9156 5358 / 0857 1917 3036

email :

roy.bkrt@gmail.com

albianpools@gmail.com


blogsite :

https://www.albianpools.blogspot.co.id

https://www.albianpools.wordpress.com

Rumah Minimalis 1 lantai

Rumah Minimalis 1 lantai
Rumah Minimalis 1 lantai

KOLAM RENANG MINIMALIS HEMAT

KOLAM RENANG MINIMALIS HEMAT
KOLAM RENANG MINIMALIS MODERN